MSN,Manado - Gempa yang melanda Nusa Tenggara Barat khususnya di Lombok Timur dan Bali menyebabkan puluhan korban jiwa serta ratusan luka. BNPB menjelaskan setidaknya ada 90 korban jiwa dan kerugian harta benda lainnya.

Gempa yang berkekuatan 7.0 SR tersebut juga berpotensi tsunami meskipun pada akhirnya peringatan tsunami ditarik setelah gempa yang mengguncang Minggu (5/08/2018) malam itu.

Besarnya korban jiwa serta kerugian harta benda membuat seluruh masyarakat Indonesia berduka termasuk Sulawesi Utara. Berbagai elemen mulai hari ini telah bergerak menggalang dana untuk masyarakat NTB.
Salah satunya adalah Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) Sulawesi Utara. Rivo ketua AMAN Sulut menjelaskan bahwa apa yang dialami oleh masyarakat di NTB juga turut dirasakan oleh masyarakat Sulut sehingga AMAN khususnya di NTB langsung membuka posko bantuan.

"Nanti bisa disalurkan via AMAN Pusat dan akan segera disalurkan pada posko-posko yang sudah didirikan di NTB," jelas Rivo dalam pesan WhatsApp nya.

Tak ketinggalan juga rekan-rekan wartawan yang tergabung dalam Aliansi Jurnalis TV Indonesia (IJTI) yang sore ini menggalang bantuan di Zero Point Manado. Bantuan itu sendiri rencananya akan disalurkan kepada masyarakat NTB.

Sampai berita ini diturunkan masyarakat NTB khususnya Lombok Timur masih berada dalam tempat-tempat pengungsian, pemerintah sendiri telah melakukan proses tanggap darurat selama tiga hari mengingat gempa telah terjadi dengan intensitas tinggi beberapa waktu belakangan ini. (***)
Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment:

0 comments:

Terima kasih telah membaca berita MSN.com silahkan tinggalkan komentar Anda.

Komentar yang mengandung unsur SARA / Porno dan Dapat menyinggung perasaan orang lain akan dihapus oleh redaksi

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.