Pagelaran Piala Dunia 2018tidak bisa dilewatkan begitu saja, maklum pertandingan sepak bola terbesar ini hanya muncul setiap empat tahun sekali. Namun, beberapa orang sudah mulai kembali masuk kerja nih setelah sebelumnya mendapatkan libur panjang saat lebaran. Hmm bagaimana ya caranya agar tetap segar kembali keesokan paginya?

Karena itu, dilansir dari detikHealth merangkum beberapa tips untuk segar kembali usai begadang menyaksikan jagoanmu berlaga. Jadi, nanti malam dukung tim yang mana nih?

Tabung' jam tidur pada sebelumnya
Ketika kita begadang sebenarnya tubuh kita pun sedang melawan program tubuh manusia yang alaminya terlelap di malam hari dan lebih waspada di siang hari. Perlu diketahui, begadang ini membuat tubuh kita memiliki hutang pada tubuh karena jadwal tidur yang menjadi terpangkas. Karena itu, curi waktu dengan 'menabung' tidur siang atau tidur lebih awal.

"Untuk mempersiapkan waktu malam (begadang), tidurlah selama sembilan jam setiap malam selama seminggu dan tabung sejumlah waktu tidur," saran Christopher Drake, PhD, peneliti tidur dari Henry Ford Sleep Disorders Center, seperti dikutip Everyday Health.


Minum air putih
Jangan lupa untuk menjaga asupan cairan tubuhmu agar selalu terhidrasi. Tak hanya dari air putih, kamu bisa mengonsumsi makanan yang kaya air seperti misalnya sayur atau buah semangka, melon, pir, atau apel.

"Salah satu cara mudah untuk mengukur kadar hidrasi adalah dari warna urine," kata Dr Arthur Agatston, direktur Wellness & Prevention di Baptist Health South Florida.

Semakin gelap warna urine maka semakin mungkin kamu mengalami dehidrasi. Cara ini disebut lebih efektif dari pada mengukurnya dari rasa haus, seperti ditulis Medical Daily.

Olahraga ringan
Olahraga meningkatkan sirkulasi darah yang optimal, dan sirkulasi darah yang optimal akan meningkatkan fokus seseorang. Menurut Dr William Kohler, peneliti di Florida Sleep Institute, melakukan putaran di sekitar gedung juga akan meningkatkan kewaspadaan dengan melepaskan adrenalin.

Kamu tak perlu olahraga yang berat-berat kok, sebuah penelitian dari California State University menemukan bahwa jalan kaki saja sudah bisa membantu seseorang jadi lebih bersemangat.

Minum Kopi

Rasa kantuk usai begadang bisa dibantu dengan meminum secangkir kopi, tapi ingat jangan lebih dari itu. Minum terlalu banyak kopi tak hanya menyebabkan dehidrasi tapi juga sakit kepala, kegelisahan, dan ketidaknyamanan lainnya.

"Beberapa penelitian menemukan bahwa dua atau lebih cangkir kopi sehari dapat meningkatkan risiko penyakit jantung pada orang dengan mutasi genetik spesifik - dan cukup umum - yang memperlambat pemecahan kafein dalam tubuh," tulis Dr Donald Hensrud dari Mayo Clinic.
Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment:

0 comments:

Terima kasih telah membaca berita MSN.com silahkan tinggalkan komentar Anda.

Komentar yang mengandung unsur SARA / Porno dan Dapat menyinggung perasaan orang lain akan dihapus oleh redaksi

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.