MSN,Pasuruan - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan akan hadir di acara peluncuran program pesantrenpreneur di Pesantren Bayt Al Hikmah, Pasuruan, Jawa Timur, Sabtu (12/5) hari ini. Program ini merupakan ide Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI).

Ketua Umum BPD HIPMI Sulawesi Utara Elia Nelson Kumaat turut hadir dalam peluncuran tersebut.

"Bapak Jokowi akan meresmikan Ummart secara langsung, karena beliau sejak awal memang sangat mendukung semua program terkait pemberdayaan ekonomi umat. Apalagi beliau juga dikenal concern memperbesar pengembangan ekonomi syariah di Tanah Air," ungkapnya.

Acara peresmian akan ditandai dengan talkshow kewirausahaan yang menghadirkan pengusaha nasional semacam Chairul Tanjung, CEO Bukalapak Ahmad Zaky, dan sejumlah pebisnis lain.
"Lewat talkshow tersebut, diharapkan virus kewirausahaan bisa menyebar di kalangan santri," ujarnya.

Sekaligus, lanjutnya, para santri juga bisa menyerap keteladanan dalam kisah-kisah perjuangan seperti cerita Chairul Tanjung yang jatuh bangun hingga sukses membangun bisnisnya menjadi besar. "Perspektif baru tentang kondisi ekonomi saat ini pun dipaparkan ke para santri," sambungnya.

Menurut Mufti, era disrupsi ekonomi yang ditandai dengan sharing economy berbasis teknologi sangat perlu diinternalisasi ke pemahaman bisnis para santri. 

Oleh karena itu, CEO Bukalapak Achmad Zaky juga dihadirkan untuk menyampaikan materi: Revolusi Digital dan Tantangan Membangun Ekonomi Pesantren.

Pesantrenpreneur sendiri, masih kata Mufti, adalah program penguatan ekonomi ummat berbasis pondok pesantren. Program ini melibatkan HIPMI dengan dukungan penuh pemerintah, Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo), dan berbagai pihak lainnya.

"Tujuan Pesantrenpreneur ini antara lain menggerakkan ekonomi kaum muda santri hingga ke pelosok desa yang merupakan basis pesantren. Ini saling menopang dengan konsep membangun dari pinggiran yang dijalankan pemerintah," ungkapnya.


Acara peresmian ini, selain dihadiri Presiden Jokowi dan ribuan santri, juga dihadiri sejumlah menteri, Gubernur Soekarwo, para kepala daerah, Ketua HIPMI Pusat Bahlil Lahadalia, dan sejumlah tokoh nasional. (***)
Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment:

0 comments:

Terima kasih telah membaca berita MSN.com silahkan tinggalkan komentar Anda.

Komentar yang mengandung unsur SARA / Porno dan Dapat menyinggung perasaan orang lain akan dihapus oleh redaksi

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.