Manado (MSN) - Ketua Umum BPD HIPMI Sulut Elia Nelson Kumaat berharap ada Win Win Solutions antara pemerintah dan pengusaha transportasi online terkait Pergub Angkutan Umum Tidak Dalam Trayek, khusus yang taxi online.

"Pemerintah harus mencari solusi terbaik terkait kuota, batas wilayah serta tarif atas dan bawah. Pergub tersebut tidak boleh mematikan pengusaha taxi online tetapi juga harus sesuai aturan dan perundang-undangan," tegas pengusaha muda tersebut kepada ManadoSatuNews

Dirinya pun berharap agar Pergub tersebut terbit setelah semua permasalahan telah diatasi bersama sehingga tidak kemudian menimbulkan masalah baru.

"Jadi selesaikan dulu masalah kuota, jangan sampai justru menimbulkan pengangguran karena kuota terbatas, tapi juga pengusaha taxi online harus benar-benar mematuhi aturan yang ada sehingga kendaraan yang didaftarkan telah memenuhi persyaratan yang ditentukan, " jelas Elia Kumaat.

Ditegaskan Elia, HIPMI Sulut mempunyai perhatian khusus tentang masalah taxi online ini, karena masuk dalam wilayah Ekonomi Digital yang menjadi salah satu program utama yang harus dikembangkan di wilayah Sulawesi Utara.

Sebelumnya Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara menetapkan kuota taksi online sebanyak 992 kendaraan untuk beroperasi di wilayahnya. Taksi online nantinya akan beroperasi di tiga wilyah yakni, Minahasa Raya, yang meliputi tujuh kabupaten/kota, Bolaang Mongondow Raya meliputi lima kabupaten/kota dan kabupaten kepulauan yang meliputi tiga kabupaten kepulauan.

Selain kuota dan wilayah operasi, Pemerintah Sulut juga sudah menetapkan tarif atas dan bawah per kilometer untuk taksi dalam jaringan ini.

"Kami mengacu pada surat edaran Dirjen Perhubungan Darat soal penetapan tarif. Di mana Sulut yang masuk di wilayah II, tarif bawahnya Rp3.700, sementara untuk tarif batas atasnya ada pada Rp6.500," jelas Kadis Perhubungan Sulut Joi Oroh kepada media beberapa waktu lalu.

Namun kata dia, saat ini pihaknya masih menunggu pengesahan Pergub Angkutan Umum Tidak Dalam Trayek khusus untuk taksi daring itu ditandatangani.

Jendri Frans Mamahit

Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment:

0 comments:

Terima kasih telah membaca berita MSN.com silahkan tinggalkan komentar Anda.

Komentar yang mengandung unsur SARA / Porno dan Dapat menyinggung perasaan orang lain akan dihapus oleh redaksi

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.