Jakarta (MSN) - Pengamat politik Charta Politica Yunarto Wijaya melihat ada lima nama yang keluar sebagai calon pengganti Setya Novanto dalam kursi ketua DPR.

Nama itu adalah Ketua Komisi II DPR Zainuddin Amali, Ketua Banggar Azis Syamsudin, Ketua Komisi III Bambang Soesatyo, dan Sekretaris Fraksi Golkar Agus Gumiwang Kartasasmista.

"Kalau saya menerka dalam konteks ketua DPR, nama-nama yang muncul kan seperti Zainuddin Amali, Azis Syamsudin, Bambang Soesatyo, dan Agus Gumiwang," jelas Yunarto dalam diskusi di kantor ICW, Jakarta Selatan, Selasa (21/11).

Di antara nama-nama di atas, posisi Bamsoet dan Agus Gumiwang diprediksi sebagai kuda hitam. Dua nama itu tidak mewakili fraksi manapun di Partai Golkar.

"Menurut saya kuda hitamnya malah Bambang Soesatyo dan Agus Gumiwang karena dianggap calon yang di tengah yang tidak mewakili satu fraksi saja," kata Yunarto.

Meski begitu, kalau Presiden Jokowi masuk dalam pencalonan, menurutnya malah bisa memunculkan nama lainnya lagi. Yunarto melihat siapapun nama ketua DPR baru memiliki tugas berat dalam dua tahun ke depan untuk mengubah citra DPR yang buruk. Karena itu kriterianya sekarang adalah tidak punya sejarah dengan kasus korupsi dan tidak kepanjangan tangan Novanto.

Kini yang penting adalah bagaimana mendesak Novanto untuk segera mengundurkan diri. Menurut Yunarto, tidak ada alasan Novanto tidak mengundurkan diri. Serta dari anggota DPR pun tidak ada desakan agar segera melakukan proses MKD. Padahal sudah dengan sangat jelas kasus korupsi itu telah melakukan pelanggaran etik.

"Dulu hanya karena kasus papa minta saham yang tidak seberat kasus e-KTP saja ia mengundurkan diri. Kenapa sekarang tidak mengundurkan diri secepatnya?," tandasnya.

Merdeka.com | Jendri Frans Mamahit

Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment:

0 comments:

Terima kasih telah membaca berita MSN.com silahkan tinggalkan komentar Anda.

Komentar yang mengandung unsur SARA / Porno dan Dapat menyinggung perasaan orang lain akan dihapus oleh redaksi

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.