Manado-MSN, Direktur EMC Sulut J A Suak menegaskan bahwa dalam pemantauan pemilu pihaknya mempunyi misi yang hampir sama dengan media massa dalam melakukan pengawasan penyelenggaraan pemilu.  Pada titik tertentu, Bawaslu dan media massa mempunyai ketersinggungan dan keterkaitan dalam mengawal pesta demokrasi ini, Disampaikan dalam acara FGD sebagai pembawa materi pada tanggal
30 November 2017 di Etam Restauran Kabupaten Sangihe, acara ini juga dihadiri langsung oleh ketua Bawaslu Sulut Herwin Malonda.

“Antara Bawaslu dan media massa mempunyai ketersinggungan dan kaitan dalam melakukan pengawasan penyelenggaraan pemilu. Bawaslu dan media massa sama-sama harus memberikan informasi kepada masyarakat. Jika bawaslu memberikan informasi terkait pengawasan, maka media massa lebih terkait pemilu secara keseluruhan,”  dalam acara diskusi yang bertemakan "Peran Media Massa dalam Pengawasan Partisipatif Guna Mewujudkan Pilkada Bersih dan Bermartabat"


Selain itu, Bawaslu dan media massa harus sama-sama memberikan pendidikan politik kepada masyarakat. Menurut dia, Bawaslu dan media massa harus bisa memastikan masyarakat menggunakan hak pilih dan memilih berdasarkan informasi yang benar serta memastikan masyarakat terlibat aktif dalam pengawasan penyelenggaraan pilkada.

“Bawaslu dan media massa bisa mengontrol jalannya penyelenggaraan pemilu,” tandas dia.

Hasil Pemantauan EMC mengakui bahwa peran media massa sangat penting dalam proses demokrasi. Pasalnya, media massa bisa membesarkan orang, tetapi pada saat yang sama bisa membunuh orang. Karena itu, dalam konteks pemilu termasuk pilkada, mengharapkan media massa menjaga netralitas.

“Saya sangat senang dengan filosofi media, yakni bijak di garis tidak berpihak. Jika bijak, maka media akan memberikan kontribusi besar kepada bangsa. Media massa tidak boleh diskrimintatif, memberitakan setiap calon secara berimbang dan proporsional,” pungkas dia.
(Resa Sky)
Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment:

0 comments:

Terima kasih telah membaca berita MSN.com silahkan tinggalkan komentar Anda.

Komentar yang mengandung unsur SARA / Porno dan Dapat menyinggung perasaan orang lain akan dihapus oleh redaksi

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.