Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Talaud, Mexy Tamaroba SH MH
MSN Melonguane - Terkait beredarnya informasi bahwa banyak Organisasi Kemasyarakatan(ormas) dan Lembaga Swadaya Masyarakat(LSM) gadungan atau ilegal yang tidak terdaftar di Badan Kesbangpol ,Kepala Bidang Kelembagaan,Organisasi Masyarakat dan Partisipasi Politik Badan Kesatuan Bangsa dan Politik(Kesbangpol) Mexy Tamaroba SH MH mengatakan,hal ini tidak benar.

Menurutnya,sesuai regulasi yang ada,ormas dapat terdaftar di instansi pemerintah dan dapat juga tidak terdaftar.Hanya saja bagi ormas yang tidak terdaftar,tidak akan diberikan bantuan,karena bantuan yang diberikan terutama dalam bentuk dana harus dipertanggung jawabkan dan diaudit BPK

"Sesuai keputusan Mahkamah Konstitusi atas uji materi Undang-undang nomor 17 tahun 2016 tentang ormas nomor 82/PUU-XI/2013 tanggal 23 Desember 2014 dan Putusan Nomor 3/PUU-XII/2014 tanggal 24 Desember 2014,pada prinsipnya ormas dapat terdaftar disetiap instansi pemerintah dan dapat juga tidak terdaftar,"Jelas Kabid Kelembagaan,Ormas dan Partisipasi Politik

"Terkait dengan pemberdayaan ormas,dengan dihapuskannya pasal 40 ayat 1.Pelaksanaan pemberdayaan kepada ormas tidak lagi dimonopoli oleh pemerintah dan pemerintah daerah,tetapi bisa dilaksanakan oleh pihak lain sesuai dengan ketentuan perundang-undangan.Tetapi kami tentunya akan memfasilitasi ketika organisasi ini memohon bantuan seperti pemanfaatan fasilitas pemerintah,mengeluarkan izin maupun bantuan keuangan,namun tentunya sekali lagi,harus sesuai regulasi",jelas  Tamaroba.

Tamaroba menambahkan,selagi ormas yang didaftarkan tidak bertentangan dengan pancasila dan peraturan perundang-undangan maupun hukum,maka pihaknya akan mengeluarkan izin dan memberikan bantuan sesuai syarat-syarat dan ketentuan yang berlaku.

Marwan Pakaya
Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment:

0 comments:

Terima kasih telah membaca berita MSN.com silahkan tinggalkan komentar Anda.

Komentar yang mengandung unsur SARA / Porno dan Dapat menyinggung perasaan orang lain akan dihapus oleh redaksi

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.