Pelaksanaan Rapat Penyusunan Rancangan RKPD.
TOMOHON MSN -- Badan Perencanaan Penelitian dan Pembangunan Daerah (Bapelitbangda) Kota Tomohon menggelar rapat koordinasi penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Tomohon Tahun 2018 dengan aplikasi e-Proposal di aula lt3 kantor Walikota Tomohon, kamis (16/2).

Walikota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak yang membuka kegiatan tersebut mengatakan, sebagai dokumen resmi pemerintah daerah, RKPD mempunyai kedudukan yang strategis yaitu menjembatani perencanaan strategis jangka menengah dengan perencanaan dan penganggaran tahunan. "Oleh sebab itu proses penyusunan RKPD Kota Tomohon dilakukan secara sistematis dengan menggunakan aplikasi e-proposal yang secara terarah, terpadu dan tanggap terhadap perubahan dalam penyusunannya", turur Eman.

Dijelaskan, proses penyusunan RKPD dilaksanakan melalui mekanisme atau tahapan yang diawali dari musrenbang tingkat kelurahan, kecamatan, forum perangkat daerah dan musrenbang tingkat kota dengan melibatkan seluruh pemangku kepentingan pembangunan yang memenuhi tiga prisip yakni prinsip partisipatif, kesinambungan dan prinsip keseluruhan. "Mudah-mudahan program yang akan dirumuskan bersama, dapat diterjemahkan kedalam RKPD Tahun 2018, sehingga harapan masyarakat guna mendorong percepatan pembangunan di Kota Tomohon akan benar-benar terwujud," jelasnya.

Ditambahkan, pelaksanaan program-program pemkot Tomohon nantinya akan dititikberatkan pada pamanfaatan IT, walaupun memang saat ini diperhadapkan dengan kendala masih ada daerah "blank spot", namun kendala ini akan diupayakan teratasi pada tahun 2017 ini melalui pengembangan jaringan berupa pendirian beberapa tower, sebagaimana yang telah direncanakan oleh dinas kominfo kota Tomohon. "Hal ini dilakukan dalam rangka mendukung rencana KPK RI yang akan menjadikan Tomohon sebagai daerah percontohan di Sulawesi Utara bahkan di wilayah timur Indonesia dalam hal pemanfaatan IT untuk mendukung pelaksanaan program pemerintah melalui aplikasi yang telah dibuat oleh para tenaga IT yang berasal dari pemerintah kota Tomohon sendiri, yang berkoordinasi dengan KPK RI, pungkas Eman.

Sementara, Kepala Bapelitbangda Ir Ervinz Liuw MSi menjelaskan, e-proposal merupakan sistem aplikasi perencanaan berbasis web yang menampung usulan program kegiatan oleh perangkat daerah (PD), organisasi non PD termasuk hasil reses DPRD. "E-proposal berfungsi untuk menjaga konsistensi perencanaan, mencegah program kegiatan Dadakan, Sisipan dan Siluman (DDS) usulan program kegiatan terdokumentasi secara elektronik, mencegah korupsi serta memudahkan evaluasi," tukas Liuw.

Kesempatan itu  Walikota Tomohon bersama Wakil Walikota Syerly Adelyn Sompotan didampingi Sekretaris Kota Ir Harold Lolowang, Asisten perekonomian Ronni Lumowa SSos MSi, Asisten Kesra Dra Truusje Kaunang dan Kepala Bapelitbangda menyerahkan user ID dan password e-proposal kepada perwakilan kepala perangkat daerah.

Hadir dalam rapat, para kepala SKPD bersama perwakilan staf, tokoh agama bersama tokoh masyarakat.***(terry)
Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment:

0 comments:

Terima kasih telah membaca berita MSN.com silahkan tinggalkan komentar Anda.

Komentar yang mengandung unsur SARA / Porno dan Dapat menyinggung perasaan orang lain akan dihapus oleh redaksi

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.