Rattun Taloda (Bupati Talaud) saat diarak oleh seluruh camat yang ada di Kabupaten Talaud
MSN Melonguane - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Talaud dan Tokoh Adat sukses menggelar ritual adat Manduru'u  Tonna 2017 bersama masyarakat berlokasi di Wannala Melonguane,Jumat(3/2/2017)

Gelaran Ritual adat yang sudah menjadi agenda rutin tahunan ini lakukan  setiap awal tahun dan terus terpelihara secara baik sampai sekrang.

Ritual tersebut merupakan permohonan doa syukur atas perlindungan dan penyertaan Tuhan selama setahun yang telah dijalani dan permohonan akan pemeliharaan Tuhan sepanjang 2017, agar senantiasa pemerintah dan masyarakat Talaud selalu dilindungi dan diberkati oleh Yang Maha Kuasa

Semua yang hadir mulai dari Malambe Sinagian Ratun Taloda Porodisa yang tak lain adalah Bupati Sri Wahyumi Maria Manalip SE yang memakai pakaian adat yang elegan dan jajaran Forkopimda, DPRD, Pejabat Tinggi Pratama, Eselon III dan IV yang tampil dengan pakaian adat pula , Tokoh Adat, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan hadirin lainnya tampak tenggelam dalam kata-kata adat yang dihaturkan para Pentua Adat.

Berbagai ritual yang dilakukan dalam kegiatan adat Mannduru’u Tonna ini Seperti Manaloho Malambe Sinagian Ratu'n Taloda naranta su wanala (menyambut raja Talaud yang tiba di tempat upacara), Manal’oho Mal’ambe suwuntal, annu wanala ahuguana (menyambut raja di halaman acara).
Maparangan'na Mal’ambe Ratu Taroda Su-Wanala (menaikan raja dari tangga gedung tempat upacara). Manengkella nanaungan'na (tingicu tatengkel'la) (membunyikan gong sebagai tanda upacara dimulai) hingga ditutup dengan Sal’aingngu Ampania (Sajian Tarian) yang dipentaskan oleh masing-masing grup dari 19 Kecamatan se Talaud.

Rattun Taloda (bupati red)  dalam sambutannya mengatakan, sejalan dengan tema Bette I'ite Masanggaloma Rerro Mapasombo'u Alamanne Si'ite Tadea'u Taloda Lumassangnga Su Rongngane Tumarri Su Sawone ( Marilah Kita Hidup Rukun dan Damai dalam Perbedaan agar Allah Melimpahkan Berkatnya kepada Kita Supaya Talaud Makmur, Jaya, Adil dan Sejahtera)kiranya memberikan semangat baru dan keyakinan iman dan persatuan untuk melangkah membangun Talaud menjadi lebih baik.

Bupati menambahkan Sambil terus berdoa memohon penyertaan Tuhan di tahun yang baru, mari kita satukan hati, seiring sejalan bersama-sama membangun agar Talaud semakin baik dan maju

“keburukan yang telah terjadi di tahun 2016  kita tinggalkan dan kita ambil yang baiknya dan menjadikan tahun 2017 adalah tahun berkat,tahun yang penuh dengan suka cita dan kedamaian"ungkap ibu pembangunan ini

Dia mengajak, seluruh elemen masyarakat Talaud, mulai dari aparat pemerintahan, tokoh agama, tokoh adat serta seluruh masyarakat untuk tetap bekerja sama dalam semangat gotong royong dengan mengedepankan prinsip kesejajaran.

Sementara itu, Ketua Dewan Adat Talaud Isak Tamaroba, sangat bersyukur akhirnya ritual sakral tahunan itu boleh berlangsung sukses. Ia pun mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mengambil bagian menyukseskan dan memeriahkan Mannduru'u Tonna tahun ini.

"Kita bersyukur karena ritual adat Mannduru'u Tonna akhirnya berjalan lancar dan sukses. Terima kasih untuk semua yang sudah terlibat dalam menyukseskan ritual sakral ini dan marilah kita jalani tahun ini dengan penuh keyakinan bahwa berkat Tuhan akan selalu menyertai kita dalam upaya kita membangun Talaud menjadi Porodisa Surga di perbatasan utara Indonesia.

Marwan Pakaya
Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment:

0 comments:

Terima kasih telah membaca berita MSN.com silahkan tinggalkan komentar Anda.

Komentar yang mengandung unsur SARA / Porno dan Dapat menyinggung perasaan orang lain akan dihapus oleh redaksi

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.