Manado (MSN) - Setelah mendengarkan laporan dari 93 petugas dari 93 wilayah di Indonesia, Kementerian Agama menetapkan 1 Ramadan 1437 H jatuh pada 6 Juni 2016. Hal ini setelah dilaporkan hisab dengan posisi hilal sekitar pukul 10.00 WIB berada di 2 derajat 13 menit sampai 4 derajat 6 menit di seluruh tanah air.

Dari sisi rukyat dari 6 wilayah yaitu Belu di NTT, Jombang, Bangkalan, Kebumen, Gresik dan Bojonegoro semua telah melihat hilal.

"Atas dasar perhitungan hisab dan laporan petugas yang melihat hilal, menyepakati kita sudah masuk Ramadan, maka kemudian secara mufakat disepakati puasa 1 Ramadan 1437 H akan dimulai besok hari Senin tanggal 6 juni 2016," kata Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin di Gedung Kemenag, Thamrin, Jakarta Pusat, Minggu (5/6).

Politikus PPP ini menambahkan, dengan penetapan 1 Ramadan ini, pemerintah berharap menjaga bulan Ramadan dengan kualitas ibadah. Selain itu, ia juga meminta setiap umat menjaga toleransi.

""Menjaga toleransi. Karena satu dan lain hal tidak menjalani puasa dan saling menghargai satu dengan lain kesucian tetap kita jaga," ujarnya.

Jendri Frans Mamahit

Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment:

0 comments:

Terima kasih telah membaca berita MSN.com silahkan tinggalkan komentar Anda.

Komentar yang mengandung unsur SARA / Porno dan Dapat menyinggung perasaan orang lain akan dihapus oleh redaksi

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.