Manado (MSN) - Seiring tren traveling dan penggunaan media sosial makin marak, kita semakin sering melihat foto sebuah boarding pass diunggah ke media sosial. Apakah Anda juga pernah memotret boarding pass dan mengunggahnya di Instagram, Facebook, atau Twitter?

Padahal seperti yang dikutip dari Kompas, boarding pass alias tiket untuk masuk ke pesawat adalah dokumen penting yang sebaiknya tidak Anda unggah untuk alasan keamanan.

Ahli keamanan mengungkap kepada Business Insider UK tentang bahaya memotret boarding pass dan mengunggahnya ke internet.

"Di boarding pass ada barcode dua dimensi dan kode QR yang dapat menyimpan banyak informasi. Kode itu dicetak pada boarding pass dan memungkinkan seseorang untuk menemukan lebih banyak data tentang Anda, termasuk rencana perjalanan yang akan Anda lakukan serta perjalanan Anda sebelumnya.”

Hal ini tentu akan berbahaya bila ada seseorang yang selama ini diam-diam memanfaatkan media sosial untuk mengakses data-data penting tentang Anda atau kehidupan Anda.

Seseorang yang mencari tahu informasi tentang Anda itu bisa mendapatkan informasi mengenai nomor telepon, catatan perjalanan lengkap dengan tanggal, hingga informasi penting lain yang berhubungan dengan pemesanan tiket Anda.

Hal ini tentu tak bisa dianggap sepele. Meski Anda tak merasa memiliki “penguntit” ataupun musuh, bisa saja data itu digunakan oleh orang tak bertanggung jawab, bukan?

Ingat, internet adalah area yang sangat luas dengan teknik hacking yang semakin canggih seiring berjalannya waktu. Pada era ini, melindungi privasi dan data diri adalah hal yang harus selalu Anda perhatikan.

Jendri Frans Mamahit
Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment:

0 comments:

Terima kasih telah membaca berita MSN.com silahkan tinggalkan komentar Anda.

Komentar yang mengandung unsur SARA / Porno dan Dapat menyinggung perasaan orang lain akan dihapus oleh redaksi

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.